Tips-Tips Menarik

Minggu, 26 Desember 2010

Tips Mengatasi Keheningan

Saat anda menghadapi orang yang memiliki sifat pendiam, anda cenderung akan merasa bingung  saat menghadapinya. Strategi pemecah keheningan akan membuat anda berbicara, bahkan orang yang paling pendiam sekalipun, dan membuatnya terus berbicara sampai anda mendengar apa yang ingin anda simak.
Berikut adalah 5 tips untuk mengatasinya :
  1. Keluarkan kata pujian, kemudian ajukan pertanyaan. Orang yang paling pemalu sekalipun akan merasa tersanjung dengan pujian. Biarkan orang-orang yang enggan berbicara ini tahu bahwa upaya mereka dihargai. Lalu pancing mereka untuk memperkuat kalimat-kalimat yang mereka ucapkan.
  2. Ajukan pertanyaan yang terarah. Orang yang banyak bicara, merasa nyaman dengan sedikit mungkin kata-kata yang diucapkan. Bekerjalah dengan mengikuti arah pembicaraan, jangan berlawanan dengan arah pembicaraan. Kemudian ajukan pertanyaan yang mengundang jawaban singkat yang berisi informasi yang tidak lebih dari satu atau dua kalimat saja.
  3. Buat komentar yang memancing respon. Kali ini usahakan untuk menyusun pertanyaan sedimikian rupa sehingga memancing respon. Sedikit orang yang mampu bertahan untuk tidak menjawab jika dihadapkan pada ide kesayangan yang menantang atau ketika dihadapkan pada kesempatan untuk menolak kesalahan umum.
  4. Begitu dia mulai bicara, jangan memotong. Begitu anda berhasil untuk membuat orang yang enggan berbicara mulai berkata-kata, jaga agar mulut anda tertutup. Memotong arus dengan mengeluarkan komentar anda sendiri hanya akan membuat orang itu untuk berhenti berbicara.
  5. Berikan umpan balik yang positif. Untuk menjaga agar orang yang enggan berbicara terus mengeluarkan kata-kata, anda perlu membuat mereka tahu bahwa detail-detail yang mereka katakan adalah menarik, bahwa apa yang mereka ceritakan itu berharga, bahwa meskipun orang itu bukanlah seorang pembicara terbaik didunia, anda terus tertarik untk mendengarkan penuturannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar