Tips-Tips Menarik

Selasa, 28 Desember 2010

Tips Mengatasi Insomnia

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang kita anggap sepele yang justru besar manfaatnya jika kita meluangkan waktu sebentar sebelum kita tidur di malam hari. Misalnya hal-hal seperti memastikan bahwa pintu atau pagar rumah kita sudah terkunci, Motor atau mobil sudah kita masukkan kedalam rumah, dll. Namun saya yakin hal tersebut pasti tidak mungkin lupa. Tetapi bagamana jika kita berurusan dengan yang namanya insomnia? Solusi sebenarnya ada pada diri kita sendiri, bukan dokter, dan bukan obat-obatan. Kita harus memastikan bahwa kita memiliki daftar hal apa saja yang harus dilakukan untuk menyembuhkan insomnia secara alami. Berikut adalah tiga tips berbeda yang harus kita lakukan setiap malam untuk membantu kita mendapatkan tidur nyenyak, dan terhindar dari insomnia.

  1. Pastikan bahwa lingkungan kita bersih. Hal ini tidak hanya berlaku di lingkungan dimana kita akan tidur, tetapi juga pastikan bahwa tubuh kita juga bersih. Meskipun kita tidak akan dapat melihat fakta bahwa kamar kita bersih setiap kali kita  mau tidur, namun pikiran kita akan tahu bahwa ada sesuatu yang kotor jika kita belum membersihkannya. Sebuah lingkungan bersih, akan membuat pikiran kita tenang dan memungkinkan kita tidur di malam hari tanpa beban. Memastikan bahwa tubuh kita bersih juga akan membantu kita untuk mendapatkan tidur malam yang baik.Walaupun sebelumnya kita sudah mandi sore, tetapi kita perlu juga untuk membersihkan muka kita dengan sabun muka terlebih dahulu.
  2. yang harus kita lakukan setiap malam adalah mempersiapkan dan menjaga pikiran kita untuk tidur malam dengan baik. Jangan biarkan apa pun untuk merangsang kita secara mental maupun fisik sebelum kita pergi tidur. Ini mencakup hal-hal yang kebiasaan kita nonton tv hingga larut malam, atau hal-hal yang mungkin kita baca. Berkonsentrasi pada hal-hal yang santai dan membiarkan pikiran kita melayang untuk menenangkan pikiran. berkonsentrasi menenangkan pikiran akan membantu kita untuk tidur sepanjang malam. Siapkan “tema lamunan” yang membuat kita santai saat beranjak tidur.
  3. pastikan bahwa seluruh anggota keluarga juga siap beranjak tidur. Dua pengganggu tidur kita adalah kebisingan dan cahaya. Pastikan bahwa semua anggota keluarga kita mengerti bahwa  membutuhkan situasi yang tenang agar kita dapat tidur nyenyak. kita juga harus mempertimbangkan pencahayaan di kamar tidur kita. Jika kita merasa tidak sanggup tidur dalam keadaan yang gelap, kita cukup menyediakan pencahayaan yang rendah, misalnya lampu yang redup, lampu 5 watt, atau lainnya. Kedua hal ini akan membantu kita jatuh tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar