Tips-Tips Menarik

Rabu, 29 Februari 2012

Tips Selalu Bersyukur

Kehidupan setiap orang berbeda-beda, harta, jabatan, keluarga, sikap dll, tergantung bagaimana kita menyikapinya.
Seringkali kita merasa bahwa kita selalu kurang puas setiap apa yang selama ini kita dapatkan, ketika kita makan kadang kita mengeluh, bosan menu makan tiap hari itu-itu saja, mengeluh karna makanan yang kita makan tidak enak, ketika kita bekerja, mengeluh karna gaji yang kita dapatkan kita anggap kecil, ketika kita kesal karna orang tua tidak mau membelikan apa yang kita inginkan, kita marah sampai-sampai seminggu kita mengacuhkan orang tua, ketika orang lain bersenang-senang dengan ponselnya yang canggih kita kesal karna ponsel kita sudah tua, ketika pulang kerja kita marah-marah karena cape dan orang-orang dirumah menjadi sasaran kemarahan kita.

Ambilah sedikit waktumu untung merenung, renungkanlah apa penyebab dari semua itu? Ketahuilah ketika kita mengeluh, yang ada dalam pikiran kita hanyalah sesuatu yang lebih baik dari apa yang kita alami/dapatkan, tanpa mengingat bahwa masih banyak orang yang kurang daripada kita, sehinnga kita mengeluh karna tidak bisa mendapatkannya, dan pada akhirnya kita menjadi orang yang sering marah-marah.
Lalu bagaimana menyikapi hal itu? Langsung saja beberapa tips dari saya

1. Introspeksi diri

Sulit memang ketika kita akan menilai diri kita sendiri itu disebabkan karena kita menganggapnya sebagai hal yang tidak penting. Terkadang ketika hati kita terdorong untuk memulainya, pikiran kita berpaling kepada hal-hal yang lain, pedahal sebenarnya kita tahu bahwa kita salah. Untuk itu, kita perlu waktu yang tenang sehinnga hati dan pikiran kita dapat bekerja dengan baik. Ambilah waktu untuk merenung dimalam hari, tanyakanlah beberapa pertanyaan seperti,


  • Apakah selama ini saya menikmati apa yang saya dapatkan? 
  • Apakah saya pernah merasakan kesusahan orang lain yang jauh lebih susah daripada saya?
  • Apakah pantas saya selalu mengeluh ketika orang lain tidak mendapatkan apa yang saya dapatkan?
  • Apakah saya sering berbuat baik kepada orang-orang yang baik dan banyak membantu saya?
  • Apakah orang tua saya selalu marah-marah ketika memenuhi apa yang kita inginkan?
Apabila kamu sudah merenungkan poin-poin di atas, saya yakin kamu tahu sendiri jawabannya. Dengan begitu pemikiranmu akan mulai meluas dan hatimu akan mulai terusik sehinnga kamu akan mencoba untuk memperbaikinya dan selanjutnya kamu tinggal mempertahankan supaya pikiran dan hatimu tetap stabil karna saya rasa pikiran dan hati kita mudah sekali berubah. Untuk itu lakukanlah poin berikutnya. 

2. Hargailah setiap nikmat yang kamu dapatkan

Dimulai dari hal kecil, seperti setelah kita bangun tidur seringkali kita lupa akan nikmat yang kita dapatkan dari tidur yang telah memulihkan stamina kita, dari hembusan napas yang masih bisa kita hirup ketika kita terbangun.
Saat kita makan, hargailah makananmu, bersyukurlah karna kita masih bisa makan dengan mudah. Hargailah pekerjaanmu walaupun mungkin gaji kamu kecil untuk saat ini, tetapi syukurilah bahwa setidaknya kamu mempunyai pekerjaan, dan dengan selalu bersyukur kamu jadi lebih mencintai pekerjaanmu dan akhirnya kamu menjadi karyawan terpilih dan jabatanmu naik gajipun menjadi bertambah besar.
Tetapi bagaimana jika kita sulit menerapkan contoh-contoh diatas pada diri kita? untuk itu langsung saja kita kepada poin terakhir.

3. Ingatlah selalu bahwa masih banyak yang lebih susah daripada kita
  • Ketika kamu mengeluh akan makananmu, ingatlah bahwa orang lain justru masih ada yang mencari makanan dari tong sampah. 
  • Ketika kamu mengeluh gaji yang kamu anggap kecil, ingatlah orang lain justru mendambakan pekerjaanmu, dan masih banyak pengangguran yang berusaha keras mencari pekerjaan tanpa selalu mengeluh.
  • Ketika kamu kesal kepada orang tuamu karna tidak memenuhi keinginanmu sehingga kamupun marah, ingatlah yang lain justru tidak mampu bersekolah karena orang tuanya tidak mampu, penting bagi kamu untuk selalu di ingat bahwa orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya, dan ketika kita remaja orang tua selalu memberikan apa yang kita inginkan dengat raut muka yang berseri tanpa rasa kesal.
  • Ketika kamu mengeluh karena istri tidak pandai memasak, ingatlah bahwa masih banyak orang yang kesulitan untuk mempunyai istri
  • Ketika kamu mengeluh karna tidurmu tidak nyenyak, ingatlah bahwa diluar sana banyak orang yang sulit untuk mencari tempat tidur dan kedinginan.
  • Ketika kamu mengeluh karena harta dan kekayaanmu tidak sebanyak orang lain, ingatlah masih banyak orang yang tidak mampu tetapi mereka tidak mengeluh dan tetap mencintai keluargannya. dan ingatlah selalu kita semua sama ketika meninngal kelak tidak akan membawa perbedaan (harta, kekayaan dan jabatan)

Apbila kamu mampu menerapkan ke 3 poin diatas, saya rasa kamu sudah menjadi orang yang tidak lepas dari rasa syukur, percayalah dengan begitu kamu akan menjadi orang yang selalu prihatin akan kesusahan orang lain karna mereka tidak mendapatkannya, sedangkan kamu menikmatinya dan dengan selalu bersyukur, hati  kamu menjadi terketuk untuk berbagi atas setiap rizki yang kita dapatkan yaitu dengan cara sedekah, sampai akhirnya kamupun yang tadinya selalu merasa kurang sekarang justru menjadi selalu merasa lebih dari cukup.

Sekian tips kali ini semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar